Riyadh, 21 Maret 2024. Ketua PW SPMI-PP Perwakilan Arab Saudi, Arifin Yunus mengeluhkan perihal rendahnya mutu pelayanan KBRI Riyadh. Kepada media, Arifin menceritakan bahwa pada tanggal 18 Maret, rekan-rekan dari Mekkah, masih jajaran Pengurus Wilayah SPMI-PP Perwakilan Arab Saudi yang dipimpinnya datang ke KBRI Riyadh untuk berkoordinasi guna membantu persoalan yang dihadapi PMI, untuk minta cap surat perjanjian kerja. Sebelumnya dipersilakan datang dengan catatan di bawah jam 10 pagi. Datang dengan perjalanan 12 jam, akhirnya pagi-pagi datang ke kantor KBRI Riyadh.
“Rekan-rekan kami tidak diberikan waktu untuk menghadap sebagaimana yang dijanjikan bahkan telpon Duta Besar tidak diangkat, sms juga tidak dibaca. Juga atas nama Dziki Muta’ali dari kekonsuleran tidak memberikan respon yang baik saat ditemui. Semua staf KBRI Riyadh jauh berbeda dengan KJRI Jeddah yang pelayanannya untuk hal seperti ini cukup baik. KBRI Riyadh sangat mengecewakan, “ujar Arifin Yunus kesal.
Menurut Arifin bukan hanya kali ini berurusan dengan KBRI Riyadh, dan dari dulu belum ada perbaikan sama sekali.(ibra/her)