Foto : BigVision dari BigBox AI hadirkan Face Recognition, Object Detection, dan OCR untuk tingkatkan efisiensi menghitung objek secara real-time.
Jakarta, 16 Mei 2025 – Pada era transformasi digital, teknologi Artificial Intelligence (AI), seperti Face Recognition, Object Detection, dan Optical Character Recognition (OCR) menjadi kunci dalam mendorong efisiensi dan inovasi di berbagai sektor.
Ketiga teknologi ini telah dikembangkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) lewat BigBox AI dengan salah satu solusi nya BigVision. BigVision memanfaatkan teknologi computer vision untuk menganalisis dan menginterpretasikan data visual secara real-time.
“Solusi BigVision dari BigBox AI merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendorong percepatan digitalisasi di Indonesia melalui pemanfaatan kecerdasan buatan. Kami meyakini bahwa AI dapat menjadi katalis bagi pemerintah dan perusahaan dalam menciptakan operasional yang lebih efisien, adaptif, dan berkelanjutan,” kata EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
Face Recognition merupakan teknologi yang memungkinkan sistem mengenali dan memverifikasi identitas seseorang melalui fitur wajah secara otomatis. BigVision menyediakan API FaceID yang mampu mendeteksi, mengenali, dan memprofilkan wajah dari video maupun gambar.
Teknologi ini umumnya digunakan dalam proses e-KYC (electronic Know Your Customer) untuk verifikasi identitas secara cepat dan akurat. Teknologi ini juga dapat dimanfaatkan pada sistem keamanan, seperti mendeteksi objek, pergerakan atau aktivitas tertentu.
Beberapa contoh implementasi dari teknologi ini adalah untuk sistem presensi karyawan, akses dan monitoring gedung maupun area, hingga verifikasi identitas dalam layanan digital seperti perbankan dan pelayanan publik.
Bigvision: Hitung Objek Secara Real-Time
BigVision memiliki fitur Object Detection yang mampu mendeteksi dan menghitung objek secara real-time melalui kamera atau CCTV. Teknologi ini bermanfaat dalam pemantauan lingkungan, pengawasan lalu lintas, dan analisis perilaku konsumen di sektor ritel.
Dalam sistem pengawasan berbasis CCTV BigVision bisa digunakan untuk mendeteksi aktivitas tertentu kemudian dapat memberikan peringatan jika terdapat aktivitas mencurigakan. Selain itu, BigVision mampu menghitung jumlah orang di area publik untuk mengukur kapasitas suatu tempat.
Dalam pengelolaan arus lalu lintas, BigVision dapat dimanfaatkan untuk evaluasi traffic, mengenali plat nomor kendaraan atau pejalan kaki.
Lebih lanjut, BigVision juga mampu mengonversi teks dalam gambar menjadi data digital yang dapat diedit dan dicari. Fitur ini mempercepat digitalisasi dokumen dan otomatisasi proses administrasi, seperti ekstraksi informasi dari kartu identitas atau dokumen lainnya.
Otomatisasi proses bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional di berbagai sektor, seperti keuangan, kesehatan, pendidikan, termasuk pemerintahan.
BigVision hadir sebagai solusi untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan di sektor bisnis maupun pemerintahan.
Dengan analisis yang cepat dan akurat, BigVision menjadi bagian dari komitmen Telkom melalui BigBox AI dalam mendorong digitalisasi yang berkelanjutan dan berdampak bagi bangsa.
Informasi selengkapnya dapat ditemukan di https://bigbox.ai/.
#ElevatingYourFuture