Lapas Produktif, Kalapas Gencarkan Program Penyaluran Kreativitas Warga Binaan

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar terus gencar melaksanakan program-program pembinaan dan pelatihan kepada warga binaan pemasyarakatan, salah satunya dengan program mengasah dan mengembangkan kreativitas keterampilan para narapidana sebagai program unggulan yang digagas Kalapas Sumbawa Besar.

Warga binaan diberikan kesempatan untuk menyalurkan keterampilan serta ide kreatifnya melalui bimbingan kerja. Bertempat di ruang kegiatan kerja, para narapidana diarahkan untuk unjuk kemampuan dalam pembuatan bunga papan (16/08). Keseriusan warga binaan dalam menekuni pembuatan bunga papan terpancar dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut terbukti dengan hasil karya yang ditampilkan pada saat pelaksanakaan Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan Peringatan HDKD Tahun 2022 di Lapas Sumbawa Besar.
Adapun untuk menghasilkan bunga papan, warga binaan dibimbing untuk mengolah bahan-bahan sederhana, misalnya sterofoam, kertas craft, dan spons, untuk menghasilkan suatu karya bernilai seni dan berdaya jual tinggi.

Diharapkan kegiatan pembinaan ini dapat ditingkatkan kedepannya sehingga lebih banyak lagi menghasilkan karya warga binaan yang bernilai seni dan tentunya bernilai ekonomi tinggi. Dengan begitu, kemampuan warga binaan dapat berkembang pesat sehingga dapat dijadikan bekal ketika bebas nanti. Hal ini juga sebagai bentuk kontribusi Lapas Sumbawa Besar dalam meningkatkan era ekonomi kreatif yang mengintensifkan dan memaksimalkan penyaluran kreativitas dari sumber daya manusia warga binaan menjadi suatu produk yang bernilai bisnis tinggi. Selain itu, hal ini terwujud guna meningkatkan warga binaan Lapas Sumbawa Besar yang produktif.

Selanjutnya, bunga papan hasil karya warga binaan Lapas Sumbawa Besar ini akan dioptimalkan dalam penerimaan pesanan agar dapat dinikmati pihak eksternal. Kegiatan bimbingan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar terus dilaksanakan dengan intensif dan kondusif.

Pos terkait