Kodim 1620/Loteng Kerahkan Personel Bantu Warga Kampung Jawa Yang Terdampak Banjir

Lombok Tengah NTB – Sejumlah Personil TNI dari Koramil 01/Praya, Kodim 1620/Lombok Tengah, dikerahkan untuk membantu puluhan warga Gubuk Bawaq, Kampung Jawa Kecamatan Praya, yang terdampak banjir.

Perkuatan personel pun terus dilakukan termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB dan BPBD Kabupaten.

Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., di Makodim, mengatakan prajurit diterjunkan untuk membantu warga membersihkan rumah setelah air mulai surut.

“Kami mengerahkan personel dari Kodim dan Koramil setempat untuk membantu warga terdampak banjir bersama-sama dengan pihak Kepolisian dan instansi terkait lainnya,” Kata Dandim, Senin (18/10/2022).

Sementara itu menurut keterangan Ridwan (65) Ketua RT 07 Kampung Jawa, menjelaskan curah hujan tinggi yang mengguyur sejak Pukul 11.00 Wita di wilayah tersebut mengakibatkan 12 rumah terendam banjir sejak Pukul 01.35 Wita.

“Ketinggian air mencapai 1 hingga 1,5 meter akibat meluapnya air dari Kali belakang pemukiman warga dan dari atas jalan raya yang turun ke perkampungan,” Jelasnya,

“Hujan deras yang cukup tinggi ini menyebabkan 32 Kepala Keluarga (KK) atau kurang lebih 100 jiwa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman,” Ucapnya.

Hingga saat ini tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut, namun kerugian materi masih dilakukan pendataan. Termasuk Babinsa Koramil 1620-01/Praya, Serma Rohadi, masih memantau ketinggian air Kali untuk mengantisipasi naiknya debit air yang berpotensi kembali merendam permukiman.(Rzl)

Pos terkait