Kasusnya dipaksakan Kasasi JPU ditolak MA, Dua Advokat Muda Minta Bupati Aktifkan Kades Bukit Tinggi

  • Whatsapp

Mataram, Suarakita.Id – Kades Bukit tinggi Kecamatan Gunungsari Lombok Barat nonaktif Ahmad Muttakin bisa bernafas lega setelah menerima informasi putusan kasasi yang diajukan oleh JPU Kejati NTB, Dan ditolak oleh Mahkamah Agung,

Melalui penasehat hukumnya Dr. Irfan suryadinata ,SH.i.,MH., menyampaikan Alhamdulillah setelah perjalanan panjang proses hukum perkara Ahmad Mutakin akhirnya telah mendapatkan kepastian  melalui putusan MA yang pada pokoknya menolak permohonan kasasi yang diajukan JPU kejaksaan tinggi NTB, Artinya Ahmad Muttakin bebas dari semua tuntutan hukum, ujar Dr. Irfan akrab disapa Sekwil NTB GP Ansor ini kepada awak media, Minggu (12/9).

Lanjut Irfan menegaskan bahwa, memang dari awal saya menyatakan ini rekayasa, kasusnya di paksakan untuk naik dan disidangkan. “Alhamdulillah Majelis Hakim pengadilan tipikor pada pengadilan negeri mataram yang memeriksa perkara ini memang betul-betul dapat menggali fakta-fakta persidangan, dan menemukan fakta bahwa memang dakwaan dan tuntutan JPU sangat tidak terbukti dan berdasarkan hukum, sehingga terdakwa harus di bebaskan,” urainya.

Oleh karena itu, terdakwa telah dinyatakan bebas berdasarkan putusan MA yang telah berkekuatan hukum tetap. Maka kami minta Ahmad Muttakin dipulihkan harkat dan martabatnya, serta segera untuk dikembalikan ke posisi semula sebagai kepala Desa bukit tinggi dan mendapatkan hak-haknya yang tertunda selama ini.

Kami berharap MA segera mengirim petikan putusan resmi ke Pangadilan Negeri Mataram agar jaksa penuntut umum segera mengeksekusi isi putusan tersebut.

“Saya harap putusan ini bisa menjadi pelajaran bagi penyidik untuk lebih berhati-hati dalam menetapkan status tersangka terhadap seseorang. agar tidak merugikan orang yang memang sebenarnya tidak bersalah, tapi “dipaksa paksa” untuk menjadi tersangka,” pungkasnya.

Hal senanda juga diungkapkan Hariadi Rahman, SH.I menyatakan bahwa, terkait Kades Bukit tinggi Gunungsari Lombok Barat nonaktif Ahmad Muttakin, soal putusan kasasi yang diajukan oleh JPU Kejati NTB dan ditolak oleh Mahkamah Agung.

“Pada pokoknya MA menolak permohonan kasasi yang diajukan JPU Kejati NTB. Artinya ahmad muttakin bebas dari semua tuntutan hukum,” Kata Adi akrab disapa advokat muda Low Profile ini saat dikonfimasi media, Senin (13/9).

Menurutnya, kasus yang menjerat clientnya Ahmad Mutakin diduga direkayasa, kasusnya dipaksakan untuk naik dan disidangkan. Namun Majelis Hakim pengadilan tipikor pada pengadilan negeri mataram yang memeriksa perkara ini memang betul betul dapat menggali fakta-fakta persidangan, tegas adi.

Kendati demikian, harapan kami minta bupati lombok barat untuk mengaktifkan kembali kades bukit tinggi non aktif Ahamad Muttaqin karena dengan aktifnya kembali ahmad Muttaqin akan memulihkan kembali pelayanan masyarakat bukit tinggi selama ini, pinta Adi.

Lanjut Adi, meminta juga Bupati Lombok Barat harus bergerak cepat, agar terbentuk opini atau missed dimasyarakat bahwa Kades tersebut tidak bersalah. Pasalnya, selama proses tuntutan ini, harkat dan martabatnya sangat dipertaruhkan, keluarganya juga dicemooh seakan punya dosa sosial yang cukup besar yang merugikan masyarakat. paparnya.

Jadi dalam hal ini, cetus Adi Bupati Lombok Barat dituntut harus gerak cepat menentukan kebijakannya terkait keaktifan kembali kades bukit tinggi (Ahmad Muttaqin, red). Dan paling penting dalam hal ini, sekali lagi bukan hanya persoalan jabatan Kepala desa tapi lebih pada persoalan kemanusiaan seseorang tentang harkat martabatnya. ujar adi (SK-tim)

Pos terkait