Cegah Penularan HIV/PMS, Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB bersama Tim Nakes Laksanakan Screening

Guna mencegah adanya potensi penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) / Penyakit Menular Seksual (PMS) pada Warga Binaan Pemasyarakatan di dalam Lapas, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar bersama Tim Nakes laksanakan kegiatan screening HIV / PMS kepada seluruh warga binaan (07/12).

Bertempat di area Masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar, kegiatan dibuka dengan pengarahan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, H. Syarif Hidayat dengan didampingi oleh Muhammad Setiadin selaku Kasi Binadik Lapas Sumbawa Besar. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan tentang penyakit HIV yang disampaikan oleh dr. Lalu Yudhi Rajadianta meliputi pengertian, penyebab, cara dan faktor penularan, sasaran pemeriksaan atau screening HIV.

Kegiatan screening ini dilakukan oleh Tim Tenaga Kesehatan yang merupakan gabungan dari Dinas Kesehatan, RSMA, dan PKM Unit 1. Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan pada WBP blok Asoka hingga Mapenaling. Berdasarkan hasil pemeriksaan, 2 orang dinyatakan positif terjangkit Penyakit Menular Seksual yaitu sifilis. Dari hasil yang didapatkan tersebut, Tim dari Dinas Kesehatan langsung menindaklanjuti untuk pengobatan.

Pos terkait