Sekilas Info

Bantu Petani, Personel Satgas Pamtas Sektor Timur Bahu Membahu Bangun Saluran Irigasi

Bantu Petani, Personel Satgas Pamtas Sektor Timur Bahu Membahu Bangun Saluran Irigasi

Suarakita.Id, Belu NTT – Satgas Pengamanan wilayah perbatasan Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste Pos Turiskain Kipur II melaksanakan gotong royong pembuatan saluran irigasi untuk mengairi sawah di Desa Maumutin dan Desa Tohe Kecamatan Reihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/3/2021).

Gotong royong yang dipimpin langsung Dankipur II Kapten Inf Mahfud bersama anggota dan puluhan masyarakat setempat antusias membuat saluran irigasi dengan mengambil air dari aliran sungai di dekat Pos Turiskain.

“Gotong royong pembuatan saluran air ini dilakukan mulai kemarin untuk mengairi sawah penduduk yang ada di dua desa,” kata Mahfud.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan air persawahan, para petani bersama anggota pos bahu membahu membuat saluran air dengan harapan sawah atau lahan mereka bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

“Kebetulan saluran air sungai yang digunakan terletak disamping Pos yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste sehingga kami bersama anggota turut membantu masyarakat untuk untuk membuat saluran irigasi dengan menggali tanah bebatuan sepanjang 400 meter,” terangnya.

“Hari ini salurannya sudah kelar dan langsung bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengalirkan air ke sawahnya,” imbuhnya.

Kapten Mahfud juga menyampaikan keberadaan posnya selain untuk menjaga wilayah perbatasan juga untuk membantu masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan. (ISJ-07)

Baca Juga